DEWASA DI UMUR 20THN

 


Kedewasaan memang suatu hal yang penting bagi setiap orang, tidak ada standart pasti untuk menunjukan kedewasaan seseorang. Semua masih relatif tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Kedewasaan sering pula diidentikan dengan sikap yang bijak. Penilaian kita akan seseorang yang mampu melihat suatu masalah dengan bijak, tenang & mampu memberikan solusi pada masalah tsb itu juga akan disebut dewasa. Walaupun umur bukanlah sebuah jaminan seseorang menjadi dewasa namun jika kamu sudah menginjak usia 20thn tentu sudah dianggap bukan anak - anak lagi. 

Ketika menginjak umur 20thn ke atas maka seseorang tidak lagi dianggap sebagai anak kecil, justru di usia tsb lah kalian di tuntut untuk dewasa & lebih dewasa. Tidak hanya dewasasecara fisik saja namun tindakan & pemikiran juga harus dewasa, terlebih ketika kalian bekerja, bekeluarga & memiliki tanggung jawab maka mau tidak mau kalian akan menjadi pribadi yang dewasa. 

Akan ada banyak hal yang membutuhkan keputusan kalian secara dewasa, artinya jika tahun kemarin kalian keputusan dalam hidup kalian masih tergantung orang tua maka kini saatnya keputusan itu kalian yang menentukan secara perlahan sudah mulai lepas dari tanggung jawab orang tua. Segala macam tindakan yang kita lakukan akan menjadi tanggung jawab sendiri. (Keputusan tsb kalian pilih & mengambil keputusan yang tepat untuk diri kalian tanpa perlu ada campur tangan orang tua di dalamnya). 

Orang tua tidak akan lagi mengarahkanmu untuk melakukan ini itu melainkan semua itu terserah pada diri kalian, semakin dewasa kalian akan mengerti tentang diri kalian sendiri terutama apa yang kalian ingin raih & cita - citakan. Pada usia 20thn kalian akan mendapatkan kebebasan dalam memilih & memutuskan sesuatu (semua terserah dirimu). 

Bersikap dewasa bisa menjauhkan diri kalian dari masalah, kedewasaan merupakan sikap yang dapat menyelesaikan banuyak masalah & menjadikannya selaras dengan lingkungan sekitar bahkan kedewasaan bisa mencegah timbulnya masalah dalam pergaulan & kehidupan sosial. Dapat diartikan ulang : Bahwa bersikap dewasa akan menjadi tempat yang lebih baik jika masing - masing individu bisa bersikap lebih dewasa dalam segala hal. 

Bersikap dewasa di manapun kalian berada, jika ingin dihormati orang lain, salah satu bentuk kedewasaan diri yaitu dapat memosisikan diri dengan baik dimanapun kalian berada & kalian juga harus paham sedang berada dimana, bagaimana konteksnya, dimana batasan - batasannya serta apa hak - kewajibanmu. Itu semua terjadi secara alami & muncul dari dirinya tanpa diberitahu atau dinasihati (jika mampu menempatkan dirimu dengan baik maka kalian akan dihormati orang lain). 

Hanya orang - orang hebat yang dapat melakukannya : 
1. Marah = diam 
2. Stress = tertawa 
3. Dihina = senyum 
4. Badmood = tidak menyusahkan orang lain 
5. Senang = mengundang teman 
6. Susah = sendiri 

Komentar